Tips Memanage Tim saat Work From Home agar Tetap Produktif

Pandemi COVID19 yang penyebarannya cukup luas, memang sangat mengkhawatirkan para pengusaha. Sebagian daerah di Indonesia telah melakukan karantina diri dengan menjalankan pekerjaan dirumah. Pemerintahan DKI Jakarta telah menyerukan tanggap darurat sampai tanggal 21 April 2020, dan work from home juga akan diperpanjang juga. Lalu, bagaimanakah cara HRD untuk menyikapi peraturan ini dalam meningkatkan produktivitas karyawan yang work from home?

HRD atau supervisor harus mampu menerapkan strategi meningkatkan produktivitas karyawan work from home. Berikut ini tips memenej karyawan agar tetap produktif dan efektif.

Buat Perencanaan

Perusahaan yang menerapkan sistem work from home, harus menyiapkan segala keperluan untuk memudahkan pekerjaan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Seperti mempersiap perangkat kantor seperti laptop dan akses informasi perusahaan.

HR juga harus membangun koordinasi dan komunikasi kesemua departemen untuk mengetahui laporan, skema kerja, dan delegasi tugas sehingga setiap pekerjaan dapat dipantau perkembangan dan kinerjanya. Dengan aplikasi Bosspintar semua kebutuhan work from home dapat terpenuhi, seperti absensi, update task, dan lainnya.

Mempersonalisasikan Diri Layaknya Kerja di Kantor

Bekerja di kantor dan di rumah merupakan dua hal yang berbeda. Work from home sering sekali dianggap abu-abu karena tidak memiliki batasan-batasan yang jelas. Sering terjadi bias antara saat ini dia sedang bekerja, dan sering lupa bahwa mereka memerlukan istirahat.

Tentunya bekerja di kantor memiliki jam kerja, istirahat, lingkungan kerja yang mendukung membuat batasan-batasan menjadi jelas. Jadi, anda harus dapat mengatur ruangan sedemikian rupa dan memiliki koneksi internet yang bagus sehingga dapat terhindar dari distraksi yang tidak diinginkan saat work from home.

Membangun Komunikasi Tim

Departemen HR harus dapat membangun flow komunikasi yang cepat dan efektif kepada karyawan agar terhindar dari risiko miskomunikasi. Anda bisa menggunakan layanan video conference setiap pagi untuk menjalin komunikasi agar karyawan tetap terhubung dengan perangkatnya.

Di dalam perangkat Bosspintar terdapat fitur buletin yang memberikan reminder kesetiap karyawan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Ini sangat membantu karyawan agar tetap produktif saat work from home.

Evaluasi Kinerja

Manajer HR harus menetapkan cara untuk mengevaluasi hasil kerja karyawannya. Anda bisa melakukan evaluasi kinerja tiap minggu. Setiap karyawan melaporkan hasil pekerjaannya setiap hari, dan anda dapat menampung kendala-kendala yang terjadi saat WFH.

Cara ini sangat efektif untuk mengukur produktivitas dan efektivitas karyawan saat work from home. Dengan aplikasi Bosspintar setiap task, dan pengecekan dokumen dapat dilakukan dengan mudah. Fitur-fitur seperti CRM, KPI, File Sharing, Reminder, dan lainnya pasti akan memudahkan Tim HR dan Perusahaan dalam meningkatkan produktivitas karyawan saat work from home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *