Fungsi dan Kegunaan Cash Advance Pada Kartu Kredit

Istilah cash advance adalah istilah yang digunakan untuk mendapatkan uang tunai bagi pemegang kartu kredit. Bagi pemegang kartu kredit dapat memanfaatkan kartunya untuk menarik sejumlah uang dari mesin ATM. Caranya hampir sama seperti menarik uang menggunakan kartu debit di ATM. Jika penarikan uang menggunakan kartu debit adalah uang tabungan anda, berbeda dengan kartu kredit uang tunai yang anda tarik bukan uang milik anda. Jadi anda harus melakukan pembayaran layaknya pembelian menggunakan kartu kredit.

Cukup memudahkan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai anda. Namun, ternyata layanan cash advance tidak murah, ada beberapa biaya yang harus anda tanggung dan juga bunga dari repayment ke bank penerbit kartu kredit yang anda pegang ketika melakukan penarikan cash advance.

Jumlah penarikan uang tunai yang bisa anda dapatkan dari cash advance tergantung pada besar limit kartu kredit anda, bahkan tidak bisa menarik uang tunai maksimal limit yang anda miliki. Beberapa bank penerbit kartu kredit hanya memungkinkan nasabah menarik uang tunai dari kartu kredit sebesar 30%. Hal tersebut bertujuan untuk membatasi pemegang kartu kredit mengambil terlalu banyak uang tunai. Selain itu cash advance juga memiliki bunga yang lebih tinggi dari pinjaman biasa melalui bank.

Mempertimbangkan banyaknya biaya-biaya yang dibebankan dan akumulasi bunga kredit yang tinggi, ada baiknya penarikan uang tunai melalui kartu kredit dilakukan saat kondisi mendesak saja. Anda harus mengingat akumulasi beban bunga yang wajib anda bayarkan.

Ada 3 biaya yang dibebankan ketika anda menggunakan cash advance kartu kredit, diantaranya sebagai berikut:

Biaya Bunga

Saat anda melakukan penarikan uang tunai melalui ATM menggunakan kartu kredit anda akan dibebankan bunga saat pembayaran. Pada umumnya bunga penarikan cash advance yang ditetapkan lebih besar dari bunga pembelian barang dengan kartu kredit. Jadi, sebaiknya gunakan penarikan cash advance kartu kredit disaat-saat genting saja.

Baca Juga:

Biaya Transaksi Penarikan

Fasilitas cash advance merupakan penarikan uang tunai seperti pinjaman dari kartu kredit. Anda bisa melakukan penarikan di ATM, jika kartu kredit anda menggunakan PIN. Tapi, jika kartu anda tidak menggunakan PIN, maka anda bisa melakukan penarikan dari bank. Saat penarikan dilakukan, anda akan dikenakan biaya transaksi. Adapun biaya transaksi tersebut ditetapkan oleh penerbit kartu dan bank yang digunakan. Sebaiknya anda mempelajari ketentuan bank dan penerbit kartu kredit yang anda gunakan.

Biaya Layanan

Saat penarikan uang tunai dengan layanan cash advance akan dikenakan biaya layanan, yang dikenal dengan istilah cash advance fees. Besar biaya yang ditentunkan penerbit kartu kredit biasanya biaya tetap, antara Rp. 50.000 atau Rp. 150.000, ada juga penerbit yang menetapkan biaya layanan dalam persen, mulai dari 3% hingga 5% dari jumlah penarikan dan umumnya tidak lebih dari Rp. 150.000.

Kelebihan dan Kekurangan Cash Advance

Sebelum anda memutuskan menggunakan fasilitas cash advance kartu kredit, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekuranganya. Berikut ini penjelasnnya:

Kelebihan Cash Advance

Seperti penjelasan diatas cash advance memungkinkan anda melakukan penarikan uang tunai dengan cepat, layaknya penarikan dengan kartu debit. Uang tunai yang anda dapatkan sangat bermanfaat dalam kondisi-kondisi mendesak, disaat anda benar-benar memerlukan uang tunai untuk melakukan pembayaran. Biasanya penggunaan cash advance anda lakukan saat anda akan membayar sesuatu yang tidak menyediakan pembayaran kartu kredit.

Kekurangan Cash Advance

Penggunaan layanan ini biasanya dikenakan biaya yang cukup besar yang akan memberatkan anda. Pembayarannya juga membutuhkan waktu singkat, jadi anda harus mempertimbangkan kemampuan anda dalam membayar uang yang telah anda tarik melalui kartu kredit ditambah dengan biayanya. Jadi sebaiknya hindari melakukan penarikan uang tunai dari kartu kredit untuk membayar tagihan kartu kredit sebelumnya. Karena akan membuat bunga semakin besar dan membengkak.

source: simulasikredit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *