Dampak Sistem Absensi Online untuk Perusahaan?

Manfaat boss pintar bagi perusahaan

Belakangan ini semakin banyak perusahaan yang bermigrasi dalam proses absensi karyawannya, ke teknologi sistem absensi online. Kedisiplinan karyawan terutama masalah kehadiran, memang adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Untuk itu perusahaan selalu mencoba cara-cara terbaru dalam proses peneglolahan kehadiran karyawan.

Boss Pintar - Aplikasi absensi Online TerbaikTrend menggunakan sistem absensi onlinepun meningkat dalam beberapa tahun ini. Namun, seberapah efektif dan berdampakah sistem absensi online untuk perusahaan ? Untuk itu kami mencoba menganalisis dan komparasi antara sistem kehadiran konveksional dan menerapkan sistem online. Sebelum adanya Aplikasi Absensi Online, tren yang terjadi adalah migrasinya proses absensi manual dengan kertas ke absensi mesin fingerprint. Namun ternyata, walaupun fingerprint menghasilkan kinerja yang lebih baik. Masih saja terjadi permasalah-permasalan seperti sulitnya pengelolaan kehadiran karyawan lapangan, proses pengelolaan data yang sulit, sangat sulit support dengan konsep kerja sales modern, DLL.

Dampak Menggunakan Sistem Absensi Online :

  1. Pengolahan Data Lebih Praktis
    Tidak seperti pengolahan data absensi manual dan fingerprint. Untuk menghasilkan informasi yang diinginkan, anda tidak harus merekapitulasi dan proses pencatatan ulang lagi. Semua informasi seperti durasi kerja, ketidak hadiran hingga keterlambatan sudah tersedia dalam bentuk laporan di aplikasi absensi online.
  2. Proses Perhitungan Lebih Akurat
    Jika proses dilakukan oleh manusia maka kemungkinan terjadinya kesalahan perhitungan akan selalu saja terjadi. Beda cerita jika menggunakan sistem perhitungan yang terkomputerisasi, semua perhitungan dilakukan secara konstan dengan rumus, sehingga sangat minim kesalahan. Segala bentuk hasil perhitungan seperti jam kerja, lama terlambat dll sangat akurat. Ini juga membuat karyawan tidak perlu protes masalah hasil laporan kehadiran, karena dipastikan sudah sangat akurat.
    Boss Pintar Aplikasi Absensi Mobile Terbaik
  3. Mengurangai Kecurangan Karyawan
    Dengan menerapkan sistem absensi secara online, maka data yang masuk akan secara realtime di proses oleh sistem. Dengan begitu tidak mungkin bisa satupun karyawan “jahil” yang dapat merubah data kehadirannya.
  4. Menjadi Dasar Penggajian Karyawan
    Data kehadiran biasanya menjadi salah satu dasar penentu gaji karyawan yang akan diterima. Beberapa perusahaan juga menerapkan pemotongangaji jika karyawan telat atau tidak hadir dan penambahan jika lembur. Dengan sistem kehadiran online, dimana data sudah tersaji secara akurat. Maka akan sangat mempermuda pekerjaan HR perusahaan.
  5. Memantau karyawan secara realtime
    Seorang pimpinan bahkan dapat melihat kehadiran para karyawaan tanpa harus datang ke kantor. Cukup dengan laptop dan handphone saja, maka dia mampu melihat kehadiran karyawan dimanapun berada. Bahkan aplikasi seperti BOSS PINTAR mampu memantau karyawan di luar kantor sedang berada dimana dengan fitur GPS Trackernya.
    Baca juga : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS Pintar
  6. Menghemat Anggaran Oprasional
    Terakhir yang tak kalah penting adalah masalah penghematan anggaran biaya operasional. Bayangkan berapa banyak mesin absensi yang harus anda butuhkan jika cabang perusahaan anda terus bertambah, belum lagi biaya perawatan dan kebutuhan listriknya. Selain itu faktanya mesin absensi fingerprint memiliki batas maksimal jumlah karyawan yang dapat ditampung. Jadi apabila perusahaan anda memiliki karyawan yang lebih banyak dari batas. Maka anda harus memberi mesin baru lagi.

Dari 6 dampak dan manfaat ini, maka dapat kita simpulkan jika memang sistem absensi online sangat bermanfaat. Dan memang setiap perusahaan sudah harus mencoba untuk memulai penggunaan absensi online.

Bospintar Aplikasi absensi Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *