Menghargai Karyawan Adalah Kunci Keberhasilan Perusahaan

Setiap karyawan memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya karena mereka dibayar untuk itu. Namun, tidak berarti dengan memberikan gaji mereka, anda telah memberikan segalanya kepada mereka.

Ada faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas dan kebahagiaan karyawan selain gaji, salah satunya adalah perhatian positif dari atasan dan bahkan pemilik perusahaan.

Perhatian tersebut dapat berwujud penghargaan, pengakuan, serta apresiasi yang akan membuat karyawan merasa bahwa perusahaan mengakui segala kontribusi yang telah mereka buat. Pengakuan ini juga akan menghasilkan optimisme dan kepercayaan karyawan kepada perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan perusahaan.

Jika saat ini, perusahaan anda masih belum memiliki omset tinggi, tetapi anda memiliki karyawan-karyawan yang memberikan kontribusi terbaiknya, maka percayalah bahwa perusahaan anda dalam waktu dekat akan menjadi lebih besar. Sebaliknya, mungkin saat ini perusahaan anda memiliki pendapatan yang besar, namun jika banyak karyawan anda yang mengeluh karena pekerjaannya maka segera mungkin anda harus lakukan pembenahan manajemen.

Meningkatkan Kebahagian Karyawan

Secara psikologis, tidak ada orang yang akan bertahan ditempat yang membuat mereka tidak bahagia dan nyaman. Contohnya, anda tidak perlu menginterogasi karyawan anda yang cuti berlibur selama 3 hari. Ditambah lagi, anda justru membebani mereka atas pekerjaan sebelum cuti karena anda tidak ingin rugi karena telah membayar mereka sebulan penuh.

Baca Juga:

Membuat Karyawan Merasa “Dimanusiakan”

Perlakukan karyawan anda dengan baik, mereka bukanlah mesin yang harus bekerja nonstop. Memberikan apresiasi dan pengakuan akan membuat para karyawan anda merasa bangga pada pekerjaannya. Mereka perlu tahu apakah kinerja mereka telah memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Para manajer perusahaan perlu memberikan kepedulian akan hal tersebut.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Memberikan apresiasi dengan tulus akan setiap pencapaian yang mereka raih akan meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan. Penghargaan tersebut akan membangun kepercayaan diri mereka pada perusahaan karena telah merasa diakui atas segala pekerjaan yang telah diselesaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *