9 Tips Ampuh Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Strategi memilih lokasi bisnis yang strategis adalah hal yang sangat diperlukan sebelum anda membuka usaha. Pemilihan lokasi bisnis merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Semakin strategi lokasi bisnis yang anda pilih, maka akan semakin tinggi pula tingkat penjualan yang akan anda dapatkan.

Saat memiliki lokasi bisnis yang strategis tidak semata-mata melihat lokasi yang ramai saja. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis dan sifat usaha yang anda jalankan. Dikutip dari bisnisukm.com ada 9 tips memilih lokasi usaha yang akan mendongkrak penjualan produk-produk anda.

1. Tingkat Kepadatan Penduduk Sekitar Lokasi Usaha

Yang pertama adalah memilih lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Semakin ramai atau tinggi penduduk disuatu lokasi, maka semakin besar potensi pasar yang akan anda raih.

Anda bisa membandingkan pendapatan sebuah usaha yang berlokasi di pedesaan dengan usaha yang ada di perkotaan, omset penjualan yang akan diperoleh juga sangat jauh berbeda.

Baca Juga: 5 Tips Agar Review Kinerja Tidak Menurunkan Semangat Karyawan

2. Besar Pendapatan Masyarakat Sekitar Lokasi

Mempertimbangkan besar pendapatan masyarakat disekitar juga akan mempengaruhi bisnis yang akan anda jalankan. Hal ini akan berpengaruh pada daya beli konsumen. Jika produk yang anda jual adalah produk yang harganya sedikit tinggi, maka sebaiknya memilih lokasi usaha yang daya beli masyarakat sekitar cukup tinggi.

3. Memperhatikan Tingkat Keramaian Kendaraan Yang Melewati Lokasi Usaha

Memperhatikan trafik lalu lalang kendaraan dan juga pejalan kaki yang melewati lokasi usaha anda. Jika lalu lalang kendaraan tinggi maka usaha yang cocok seperti bengkel. Jadi anda harus menyesuaikan jenis usaha anda dengan para konsumen yang berlalu-lalang di lokasi tersebut.

4. Banyaknya Usaha Yang Mendukung Lokasi Tersebut

Semakin banyak bisnis yang berdiri disuatu lokasi, maka konsumen akan datang ke lokasi tersebut. Hal ini disebabkan karena lokasi tersebut terdapat berbagai macam usaha yang menyediakan produk yang berbeda-beda pula, misalnya mall dan pasar.

Baca Juga: Dampak Sistem Absensi Online untuk Perusahaan?

5. Sesuaikan Anggaran Dengan Lokasi Yang Akan Anda Pilih

Pada umumnya lokasi usaha yang berada dikeramaian harga sewanya juga akan lebih mahal dibandingkan lokasi yang kurang strategis. Jadi, anda harus menyesuaikan anggaran yang anda miliki, dengan lokasi usaha yang akan anda pilih.

6. Pilih Lokasi Bisnis Yang Tingkat Kompetisinya Rendah

Jika anda mendapati lokasi usaha yang telah memiliki banyak usaha sejenis dengan bisnis anda, sebaiknya anda menghindari lokasi seperti ini. Tetapi, jika anda yakin karena tempat strategis, anda harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru agar usaha anda tampil beda.

7. Pertimbangkan Juga Akses Menuju Lokasi Usaha

Pastikan anda memiliki lokasi usaha yang dapat diakses dengan mudah oleh para konsumen. Selain itu pertimbangkan juga lokasi bisnis yang dilalui transportasi umum. Agar konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi dapat menjangkau bisnis anda.

Baca Juga: 5 Ciri Karyawan Yang Punya Loyalitas Tinggi

8. Tingkat Keamanan Yang Mendukung

Lokasi bisnis yang aman juga akan meningkatkan kenyamanan konsumen anda. Para konsumen akan merasa aman untuk meninggal kendaraan di tempat parkir. Dengan lingkungan yang aman, anda bisa mengurangi risiko pencurian atau perusakan.

9. Perhatikan Kebersihan Lokasi Usaha

Konsumen akan menghindari toko yang tampilannya tidak bersih, dikarenakan kotor dan kumuh. Hal tersebut akan membuat para konsumen ragu untuk membeli produk-produk anda. Maka mempertimbangkan lokasi usaha yang bersih akan mempengaruhi pada tingkat keberhasilan usaha anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *