6 Tips Manajemen Waktu Saat Di Kantor

6 Tips Manajemen Waktu Saat Di Kantor

Saat beraktivitas di lingkungan kerja diperlukan konsentrasi dan keahlian untuk mendukung kinerja dalam mengerjakan suatu tugas. Untuk dapat mengerjakan banyak tugas diperlukan keahlian dalam memanajemen waktu. Dengan manajemen waktu seseorang dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan tanpa harus membuang banyak waktu. Manajemen waktu juga secara tidak langsung berdampak pada seseorang untuk membuat skala prioritas, dan menghindari untuk menunda pekerjaan.

Namun, realitanya banyak karyawan yang tidak memiliki manajemen waktu. Sering terjadi dilingkungan kantor, banyak orang yang mengeluh karena tidak mengatur waktunya dengan baik, dan bahkan mereka harus menghadapi masalah besar karena sering menunda-nunda pekerjaan. Padahal banyak benefit yang didapat ketika karyawan dapat mengatur waktunya dengan baik.

6 Tips Manajemen Waktu Saat Di Kantor

Kami telah rangkum beberapa tips ampuh manajemen waktu yang bisa anda terapkan saat berada dilingkungan kantor. Berikut uraiannya:

Membuat TO-DO-LISTS

Pasti anda pernah mendengar istilah TO-DO-LISTS, cara ini sangat bermanfaat untuk mengatur waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas anda di kantor. Saat membuat to do lists, anda bisa menulis seluruh tugas yang ada dan menentukan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas tersebut. Tentukan juga skala prioritas kegiatan untuk memudahkan anda dalam memilah mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Sehingga, diharapkan daftar kegiatan tersebut dapat menjadi acuan dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Dampak Sistem Absensi Online untuk Perusahaan?

Membuat Prioritas

Ketika membuat to-do-list diperlukan pengaturan prioritas. Mengatur prioritas bisa dan buat berdasarkan kegiatan yang paling penting dan diurutkan. Hal ini bermanfaat untuk meminimalisir ada tugas-tugas penting yang bisa terabaikan.

Menghindari Penundaan

Manajemen waktu yang telah anda buat tidak akan berjalan optimal jika anda sangat terbiasa dengan memunda-nunda dalam mengerjakan pekerjaan. Anda harus mengambil komitmen untuk menyelesaikan setiap tugas kantor tepat waktu dan menghadapi masalah dan segera menanganinnya. Hindari untuk menunda kegiatan untuk lain waktu, karena hal ini bisa menumpuk-numpuk pekerjaan.

Kurangi Kegiatan Yang Tidak Perlu

Ketika anda telah menyelesaikan pekerjaan akan lebih baik untuk menghindari terjadinya aktivitas yang tidak perlu. Misalnya, membuka sosial media, menonton video youtube atau lainnya yang bisa menghilangkan gairah dan konsentrasi kerja anda. Anda perlu menghindari aktivitas tersebut agar manajemen waktu yang telah anda rancang dapat berjalan optimal.

Menyediakan Waktu Untuk Kegiatan Yang Tidak Terduga

Anda harus bisa menyediakan waktu untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi seperti, ketika anda harus menghadapi situasi diberikan tugas tambahan yang harus segera diselesaikan dihari itu juga. Dengan begitu menyediakan waktu tersebut tidak akan membuat adanya aktivitas yang tidak terselesaikan sesuai dengan to-do-lists yang telah anda buat sebelumnya.

Baca Juga: Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Evaluasi

Agar tujuan anda tercapai ketika menyusun to-do-list dan membuat skala prioritasnya. Langkah selanjutnya adalah mengevaluasi dan memperbaiki beberapa kesalah yang terjadi. Misalnya, anda mengerjakan tugas kantor dan melebihi waktu yang telah anda tentukan. Anda harus mencari solusi agar kejadian tersebut tidak terulang dan agar kegiatan yang anda lakukan tetap produktif.

Dari 6 tips manajemen waktu diatas bisa menjadi solusi anda yang ingin meningkatkan kinerja dan produktivitas di kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *